Skip to toolbar

ASI Vs SUSU FORMULA

ASI Vs SUSU FORMULA
Idam Ragil Widianto A

Berdasarkan beberapa referensi yang say abaca serta berdasarkan informasi dari beberapa ahli, didapat beberapa keunggulan ASI dibandingkan dengan susu formula:
1. ASI lebih mudah diserap bayi
ASI banyak mengandung semua zat gizi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan kecerdasan bayi, salah satunya zat pembentuk sel-sel otak terutama DHA. Berbeda dengan susu formula yang kandungannya tidak selengkap ASI
2. ASi lebih mudah dicerna
Karena banyak mengandung enzim yang dapat membantu proses pencernaan, antara lain enzim pengurai lemak, karbohidrat, dan protein. Pada susu formula tidak ditemukan enzim seperti itu, sehingga organ ginjal harus bekerja ekstra.
3. Komposisi ASI yang sesuai kebutuhan
Mungkin tak banyak yang tahu kalau komposisi zat gizi dalam ASI berubah dari hari ke hari, sesuai dengan kebutuhan gizi bayi. Ini berbeda dengan komposisi susu formula yang selalu sama setiap kali diminum.
4. Banyak mengandung zat kekebalan tubuh
ASI banyak mengandung immunoglobulin dan sel-sel darah putih. Selain itu ASI juga mengandung zat yang tidak terdapat dalam susu sapid an tidak dapat dibuat tiruannya. Zat ini membantu melindungi susu bayi dari gangguan pencernaan
5. Cita rasa ASI yang lebih bervariasi
Cita rasa ASU berubah-ubah sesuai dengan zat yang terkandung di dalam makanan dan minuman Ibu menyusui, sedangkan susu formula memiliki rasa dan cita rasa yang sama.

“Mari berikan ASI eksklusif untuk buah hati anda”