Skip to toolbar

IMUNISASI

Imunisasi

Idam Ragil Widianto Atmojo

Di usia balita, seorang anak harus mendapatkan imunisasi secara rutin untuk mencegah terjangkitnya penyakit maupun infeksi. Imunisasi adalah tindakan untuk memberikan perlindungan (kekebalan) dalam tubuh bayi dan anak, dengan menyuntikkam vaksin atau serum dari suatu penyakit yang telah dilemahkan ke dalam tubuh bayi. Sehingga secara alami tubuh akan membentuk zat antibody untuk melawan virus atau kuman-kuman penyakit.

Imunisasi akan melindungi dan mencegah penyakit menular dan berbahaya terjangkit pada bayi maupun anak-anak. Dengan bantuan imunisasi, daya tahan tubuh akan lebih tinggi sehingga anak kita tidak terkena penyakit infeksi. Sehingga menskiun peyakit sudah tidak ada, imunisasi tetap diperlukan untuk berjaga-jaga kalau penyakit tersebut muncul kembali.

Umumnya imunisasi mulai diberikan ketika seorang anak berusia nol bulan. Pada saat itu, dokter akan memberikan anda kartu yang berisis jadwal imunisasi dan kapan seharusnya imunisasi diberikan. Jangan lupa juga mencatat tanggal dan jenis vaksin yang telah diberikan untuk membantu dokter menentukan apakah anak anda perlu mendapat vaksinasi tersebut?

Sebelum memberikan imunisasi, biasanya dokter akan terlebih dahulu menanyakan riwayat kesehatan keluarga. Keterangan ini cukup penting, sebab dokter akan menentukan apakah anak kita perlu mendapatkan vaksinasi tersebut?. Misalnya bila keluarga anda ada yang menderita TBC, maka si kecil harus mendapatkan suntikan BCG di saat usianya mencapai 1 tahun.